Setelah mempelajari materi ini, akseptor didik diharapkan bisa memilih unsur-unsur interpretasi gambaran dengan benar.
PERTANYAAN
Tanda panah di bawah ini menunjukkan objek apa?
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwj3i8iig-XlAhUEbisKHbFdC6UQjRx6BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Ftirto.id%2Fcitra-satelit-stadion-stadion-piala-dunia-2018-rusia-cMbb&psig=AOvVaw1Bos9YEksGwN6xMd6Pbmoe&ust=1573660183868292
LANDASAN TEORI
Untuk mengenali objek yang terdapat pada sebuah citra, diharapkan pengetahuan wacana unsur-unsur interpretasi citra. Unsur-unsur interpretasi citra, sebagai berikut:
Pengenalan obyek merupakan penggalan vital dalam interpretasi citra.
Tanpa dikenali identitas dan jenis obyek yang tergambar pada citra, mustahil dilakukan analisis untuk memecahkan problem yang sedang dihadapi.
Demikian pentingnya pengenalan obyek itu sehingga ada satu periode perkembangan penginderaan jauh yang memusatkan perhatiannya pada pengenalan obyek pada citra, yaitu antara 1950-1960.
Pada ketika itu interpretasi gambaran masih berupa interpretasi foto udara saja, lantaran belum ada gambaran lainnya.
Pusat perhatiannya hanya pada cara-cara pengenalan obyek sehingga tidak pernah hingga pada arti interpretasi gambaran yang sebenarnya, yaitu pengenalan obyek dan analisis data sesuai dengan disiplin ilmunya untuk memecahkan problem yang sedang dihadapi.
Periode ini disebut periode teknik interpretasi yang berlebihan (Stone, 1974; Baret and Curts, 1976).
Prinsip pengenalan obyek pada gambaran mendasarkan atas penyidikan karakteristiknya atau atributnya pada citra.
Karakteristik obyek yang tergambar pada gambaran dan dipakai untuk mengenali obyek disebut unsur interpretasi citra.
Foto udara merupakan gambaran tertua di dalam penginderaan jauh.
Ia telah dikembangkan paling usang dan hingga dasawarsa 1960-an paling banyak dipakai sehubungan dengan ketersediaan foto dan alat interpretasinya serta fasilitas di dalam pelaksanaan interpretasinya.
Gambaran pada foto udara lebih mirim ujud bergotong-royong di medan dan lebih terinci bila dibandingkan dengan gambaran pada gambaran lainnya.
Sebagai akibatnya, unsur interpretasinya juga paling lengkap bila dibandingkan dengan unsur interpretasi pada gambaran lainnya.
Dengan alasan itulah maka unsur interpretasi yang dibincangkan pada goresan pena ini yakni unsur interpretasi foto udara.
Unsur interpretasi foto udara terdiri dari sembila butir, yaitu rona atau warna, ukuran, bentuk, tekstur, pola, tinggi, bayangan, situs, dan asosiasi. Sembila unsur interpretasi gambaran ini disusun secara berjenjang.
Perbincangan berikut ialah wacana unsur interpretasi tersebut. Di samping itu juga dibincangkan konvergensi bukti, asas penting penerapan unsur interpretasi gambaran dalam pengenalan obyek.
Tanpa dikenali identitas dan jenis obyek yang tergambar pada citra, mustahil dilakukan analisis untuk memecahkan problem yang sedang dihadapi.
Demikian pentingnya pengenalan obyek itu sehingga ada satu periode perkembangan penginderaan jauh yang memusatkan perhatiannya pada pengenalan obyek pada citra, yaitu antara 1950-1960.
Pada ketika itu interpretasi gambaran masih berupa interpretasi foto udara saja, lantaran belum ada gambaran lainnya.
Pusat perhatiannya hanya pada cara-cara pengenalan obyek sehingga tidak pernah hingga pada arti interpretasi gambaran yang sebenarnya, yaitu pengenalan obyek dan analisis data sesuai dengan disiplin ilmunya untuk memecahkan problem yang sedang dihadapi.
Periode ini disebut periode teknik interpretasi yang berlebihan (Stone, 1974; Baret and Curts, 1976).
Prinsip pengenalan obyek pada gambaran mendasarkan atas penyidikan karakteristiknya atau atributnya pada citra.
Karakteristik obyek yang tergambar pada gambaran dan dipakai untuk mengenali obyek disebut unsur interpretasi citra.
Foto udara merupakan gambaran tertua di dalam penginderaan jauh.
Ia telah dikembangkan paling usang dan hingga dasawarsa 1960-an paling banyak dipakai sehubungan dengan ketersediaan foto dan alat interpretasinya serta fasilitas di dalam pelaksanaan interpretasinya.
Gambaran pada foto udara lebih mirim ujud bergotong-royong di medan dan lebih terinci bila dibandingkan dengan gambaran pada gambaran lainnya.
Sebagai akibatnya, unsur interpretasinya juga paling lengkap bila dibandingkan dengan unsur interpretasi pada gambaran lainnya.
Dengan alasan itulah maka unsur interpretasi yang dibincangkan pada goresan pena ini yakni unsur interpretasi foto udara.
Unsur interpretasi foto udara terdiri dari sembila butir, yaitu rona atau warna, ukuran, bentuk, tekstur, pola, tinggi, bayangan, situs, dan asosiasi. Sembila unsur interpretasi gambaran ini disusun secara berjenjang.
Perbincangan berikut ialah wacana unsur interpretasi tersebut. Di samping itu juga dibincangkan konvergensi bukti, asas penting penerapan unsur interpretasi gambaran dalam pengenalan obyek.
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjd9dDFhOXlAhUFpY8KHWGZDskQjRx6BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Fandimanwno.wordpress.com%2F2009%2F08%2F24%2Funsur-rona-dan-warna-pada-interpretasi-citra%2F&psig=AOvVaw0KMONCXhZwP2s9Oc3W4int&ust=1573660552614931
Rona pada foto pankromatik merupakan atribut bagi obyek yang berinteraksi dengan seluruh spektrum tampak yang sering disebut sinar putih, yaitu spektrum dengan panjang gelombang (0,4 - 0,7) μm.
Di dalam penginderaan jauh, spektrum demikian disebut spektrum lebar.
Jadi, rona merupakan tingkatan dari hitam ke putih atau sebaliknya.
Warna ialah wujud yang tampak oleh mata dengan memakai spektrum sempit, lebih sempit dari spektrum tampak.
Sebagai contoh, obyek tampak biru, hijau, atau merah bila ia hanya memantulkan spektrum dengan panjang gelombang (0,4-0,5)μm, (0,5-0,6)μm, atau (0,6-0,7)μm.
Warna Berdasarkan Pantulan a = tampak biru lantaran memantulkan jalan masuk biru b = tampak kuning lantaran menyerap sinar biru |
Berbeda dengan rona yang hanya menyajikan tingkat kegelapan di dalam ujud hitam putih, warna menunjukkan tingkat kegelapan yang lebih beraneka.
Ada tingkat kegelapan di dalam warna biru, hijau, merah, kuning, jingga, dan warna lainnya.
Meskipun tidak menjelaskan cara pengukurannya, Ester et al. (1983) mengutarakan bahwa mata insan sanggup membedakan 200 rona dan 20.000 warna.
Pernyataan ini mengisyaratkan bahwa pembedaan obyek pada foto berwarna lebih gampang bila dibandingkan dengan pembedaan obyek pada foto hitam putih.
Pernyataan yang senada sanggup diutarakan pula, yakni pembedaan obyek pada gambaran yang memakai spektrum sempit lebih gampang darpada pembedaan obyek pada gambaran yang dibentuk dengan spektrum lebar, meskipun citranya sama-sama tidak berwarna.
Asas inilah yang mendorong orang untuk membuat gambaran multispektral.
Rona dan warna disebut unsur dasar. Hal ini mencerminkan betapa pentingnya rona dan warna di dalam mengenali obyek.
Tiap obyek tampak pertama pada gambaran menurut rona atau warnanya.
Setelah rona atau warna yang sama dikelompokkan dan diberi garis batas untuk memisahkannya dari rona atau warna yang berlainan, barulah tampak bentuk, tekstur, pola, ukuran dan bayangannya.
Itulah sebabnya maka rona dan warna disebut unsur dasar.
Mengingat pentingnya rona dan warna sebagai unsur dasar, maka perbincangannya akan melebihi unsur interpretasi lainnya.
Perbincangan rona akan meliputi: (1) cara pengukuran rona, (2) faktor yang mensugesti rona, (3) cara pengukuran warna, (4) faktor yang mensugesti warna.
Sumber gambar
Mencerminkan konfigurasi atau kerangka obyek, baik bentuk umum (shape) maupun bentuk rinci (form) untuk mempermudah pengenalan data.
Sumber gambar
Ukuran yakni atribut obyek yang antara lain berupa jarak, luas, volume lereng, ketinggian tempat dan kemiringan.
Ukuran sanggup mencirikan obyek sehingga sanggup dijadikan sebagai ciri pembeda dengan obyek lainnya
Karena ukuran obyek pada ctra merupakan fungsi skala, maka di dalam memanfaatkan ukuran sebagai unsur interpretasi gambaran harus selalu diingat skalanya.
Contoh:
Ukuran rumah sering mencirikan apakah rumah itu rumah mukim, kantor, atau industri. Rumah mukim pada umumnya lebih kecil bila dibandingkan dengan kantor atau industri.
Lapangan orlahraga di samping dicirikan oleh bentuk segi empat, lebih dicirikan oleh ukurannya, yaitu sekitar 80 m x 100 m bagi lapangan sepak bola, sekitar 15 m x 30 m bagi lapangan tenis, dan sekitar 8 m x 15 m bagi lapangan bulu tangkis.
Nilai kayu di samping ditentukan oleh jenis kayunya juga ditentukan oleh volumenya. Volume kayu sanggup ditaksir menurut tinggi pohon, luas hutan, serta kepadatan pohonnya, dan diameter batang pohon.
Ukuran sanggup mencirikan obyek sehingga sanggup dijadikan sebagai ciri pembeda dengan obyek lainnya
Karena ukuran obyek pada ctra merupakan fungsi skala, maka di dalam memanfaatkan ukuran sebagai unsur interpretasi gambaran harus selalu diingat skalanya.
Contoh:
Ukuran rumah sering mencirikan apakah rumah itu rumah mukim, kantor, atau industri. Rumah mukim pada umumnya lebih kecil bila dibandingkan dengan kantor atau industri.
Lapangan orlahraga di samping dicirikan oleh bentuk segi empat, lebih dicirikan oleh ukurannya, yaitu sekitar 80 m x 100 m bagi lapangan sepak bola, sekitar 15 m x 30 m bagi lapangan tenis, dan sekitar 8 m x 15 m bagi lapangan bulu tangkis.
Nilai kayu di samping ditentukan oleh jenis kayunya juga ditentukan oleh volumenya. Volume kayu sanggup ditaksir menurut tinggi pohon, luas hutan, serta kepadatan pohonnya, dan diameter batang pohon.
Sumber gambar
Tekstur yakni frekuensi perubahan atau pengolangan rona pada citra. Dibedakan menjadi tiga tingkatan yaitu tekstur halus, sedang dan kasar.
Contoh:
Hutan bertekstur kasar, belukar bertekstur sedang, semak bertekstur halus.
Tanaman padi bertekstur halus, tumbuhan tebu bertekstur sedang, dan tumbuhan pekarangan bertekstur kasar
Permukaan air yang hening bertekstur halus.
Contoh:
Hutan bertekstur kasar, belukar bertekstur sedang, semak bertekstur halus.
Tanaman padi bertekstur halus, tumbuhan tebu bertekstur sedang, dan tumbuhan pekarangan bertekstur kasar
Permukaan air yang hening bertekstur halus.
Sumber gambar
Pola yakni kecenderungan bentuk suatu obyek , misal pola aliarn sungai, jaringan jalan dan pemukiman penduduk.
Pola atau susunan keruangan merupakan ciri bagi beberapa obyek alamiah.
Contoh:
Pola aliran sungai sering menandai bagi struktur geologi, litologi, dan jenis tanah. Pola aliran trellis menandai struktur lipatan. Pola aliran yang padat mengisyaratkan penyerapan air kurang sehingga erosi berlangsung efektif. Pola aliran dendritik mencirikan jenis tanah atau jenis batuan serba sama dengan sedikit atau tanpa efek lipatan maupun patahan. Pola aliran dendritik pada umumnya terdapat pada batuan endapan lunak, tufa vulkanik, dan endapan tebal oleh gletser yang telah terkikis.
Permukiman transmigrasi dikenali dengan pola yang teratur, yaitu dengan rumah yang ukuran dan jaraknya seragam, masing-masing menghadap jalan.
Kebun karet, kebun kelapa, kebun kopi dan sebagainya gampang dibedakan dari hutan atau vegetasi lainnya dengan polanya yang teratur, yaitu dari pola serta jarak tanamnya.
Pola atau susunan keruangan merupakan ciri bagi beberapa obyek alamiah.
Contoh:
Pola aliran sungai sering menandai bagi struktur geologi, litologi, dan jenis tanah. Pola aliran trellis menandai struktur lipatan. Pola aliran yang padat mengisyaratkan penyerapan air kurang sehingga erosi berlangsung efektif. Pola aliran dendritik mencirikan jenis tanah atau jenis batuan serba sama dengan sedikit atau tanpa efek lipatan maupun patahan. Pola aliran dendritik pada umumnya terdapat pada batuan endapan lunak, tufa vulkanik, dan endapan tebal oleh gletser yang telah terkikis.
Permukiman transmigrasi dikenali dengan pola yang teratur, yaitu dengan rumah yang ukuran dan jaraknya seragam, masing-masing menghadap jalan.
Kebun karet, kebun kelapa, kebun kopi dan sebagainya gampang dibedakan dari hutan atau vegetasi lainnya dengan polanya yang teratur, yaitu dari pola serta jarak tanamnya.
Sumber gambar
Bayangan bersifat menyembunyikan detail atau obyek yang berada pada kawasan gelap. Obyek yang berada pada kawasan gelap biasanya tidak terlihat atau hanya samar-samar.
Meskipun demikian bayangan sering menjadi kunci penting pada pengenalan beberapa obyek yang justru lebih tampak pada bayangannya.
Contoh:
Cerobong asap, menara, tangki minyak, dan kolam air yang dipasang tinggi lebih tampak dari bayangannya.
Tembok stadion, gawang sepak bola, dan pagar keliling lapangan tenis pada foto berskala 1:5.000 juga lebih tampak dari bayangannya.
Lereng terjal tampak lebih terang dengan adanya bayangan.
Meskipun demikian bayangan sering menjadi kunci penting pada pengenalan beberapa obyek yang justru lebih tampak pada bayangannya.
Contoh:
Cerobong asap, menara, tangki minyak, dan kolam air yang dipasang tinggi lebih tampak dari bayangannya.
Tembok stadion, gawang sepak bola, dan pagar keliling lapangan tenis pada foto berskala 1:5.000 juga lebih tampak dari bayangannya.
Lereng terjal tampak lebih terang dengan adanya bayangan.
Sumber gambar
Situs merupakan tempat kedudukan suatu obyek terhadap obyek lain di sekitarnya. Situs bukan merupakan ciri obyek secara langsung, melainkan dalam kaitannya dengan lingkungan sekitarnya.
Situs diartikan dengan banyak sekali makna oleh para pakar.
Estes dan Simonet (1975), mengartikan situs sebagai letak suatu obyek terhadap obyek lain di sekitarnya. Di dalam pengertian ini, Monkhouse (19740 menyebutkan situasi, mirip contohnya letak kota (fisik) terhadap wilayah kota (administratif), atau letak suatu bangunan terhadap persil tanahnya.
Oleh Vanzuidam (1979), situasi juga disebut situs geografi, yang diartikan sebagai tempat kedudukan atau letak suatu kawasan atau wilayah terhadap sekitarnya.
Misalnya letak iklim yang banyak besar lengan berkuasa terhadap interpretasi gambaran untuk geomorfologi.
Menurut Estes dan Simonet (1975), letak obyek terhadap bentang darat mirip contohnya situs suatu obyek di rawa, di puncak bukit yang kering, di sepanjang tepi sungai, dsb.
Situs semacam ini oleh Van Zuidam (1979) disebutkan situs topografi, yaitu letak suatu obyek atau tempat terhadap kawasan sekitarnya.
Situs ini berupa unit terkecil dalam suatu sistem wilayah morfologi yang dipengaruhi oleh faktor situs seperti: (1) beda tinggi, (2) kecuraman lereng, (3) keterbukaan terhadap sinar, (4) keterbukaan terhadap angin, (5) ketersediaan air permukaan dan air tanah.
Lima faktor situs ini mensugesti proses geomorfologi maupun proses atau perujudan lainnya.
Contoh:
Tajuk pohon yang berbentuk bintang mencirikan pohon palma. Mungkin jenis palma tersebut berupa pohon kelapa, kelapa sawit, sagu, nipah, atau jenis palma lainnya. Bila tumbuhnya menggerombol (pola) dan situsnya di air payau maka yang tampak pada foto tersebut mungkin sekali nipah.
Situs kebun kopi terletak di tanah miring lantaran tumbuhan kopi menghendari pengatusan air yang baik.
Situs permukiman memanjang pada umumnya pada igir beting pantai, pada tanggul alam, atau di sepanjang tepi jalan.
Situs diartikan dengan banyak sekali makna oleh para pakar.
Estes dan Simonet (1975), mengartikan situs sebagai letak suatu obyek terhadap obyek lain di sekitarnya. Di dalam pengertian ini, Monkhouse (19740 menyebutkan situasi, mirip contohnya letak kota (fisik) terhadap wilayah kota (administratif), atau letak suatu bangunan terhadap persil tanahnya.
Oleh Vanzuidam (1979), situasi juga disebut situs geografi, yang diartikan sebagai tempat kedudukan atau letak suatu kawasan atau wilayah terhadap sekitarnya.
Misalnya letak iklim yang banyak besar lengan berkuasa terhadap interpretasi gambaran untuk geomorfologi.
Menurut Estes dan Simonet (1975), letak obyek terhadap bentang darat mirip contohnya situs suatu obyek di rawa, di puncak bukit yang kering, di sepanjang tepi sungai, dsb.
Situs semacam ini oleh Van Zuidam (1979) disebutkan situs topografi, yaitu letak suatu obyek atau tempat terhadap kawasan sekitarnya.
Situs ini berupa unit terkecil dalam suatu sistem wilayah morfologi yang dipengaruhi oleh faktor situs seperti: (1) beda tinggi, (2) kecuraman lereng, (3) keterbukaan terhadap sinar, (4) keterbukaan terhadap angin, (5) ketersediaan air permukaan dan air tanah.
Lima faktor situs ini mensugesti proses geomorfologi maupun proses atau perujudan lainnya.
Contoh:
Tajuk pohon yang berbentuk bintang mencirikan pohon palma. Mungkin jenis palma tersebut berupa pohon kelapa, kelapa sawit, sagu, nipah, atau jenis palma lainnya. Bila tumbuhnya menggerombol (pola) dan situsnya di air payau maka yang tampak pada foto tersebut mungkin sekali nipah.
Situs kebun kopi terletak di tanah miring lantaran tumbuhan kopi menghendari pengatusan air yang baik.
Situs permukiman memanjang pada umumnya pada igir beting pantai, pada tanggul alam, atau di sepanjang tepi jalan.
Sumber gambar
Asosiasi sanggup diartikan sebagai keterkaitan antara obyek yang satu dengan obyek yang lain.
Karena adanya keterkaitan ini maka terlihatnya suatu obyek pada gambaran sering merupakan petunjuk adanya obyek lain.
Contoh
Disamping ditandai dengan bentuknya yang berupa empat persegi panjang serta dengan ukuran sekitar 100 x 80 m, lapangan sepakbola ditandai dengan adanya gawang yang situsnya pada penggalan tengah garis belakangnya. Lapangan sepak bola berasosiasi dengan gawang. Kalau tidak ada gawangnya, lapangan itu bukan lapangan sepak bola. Gawang tampak pada foto udara berskala 1:5.000 atau lebih besar.
Stasiun kereta api berasosiasi dengan jalan kereta api yang jumlahnya lebih dari satu (bercabang)
Gedung sekolah disamping ditandai oleh ukuran bangunan yang relatif besar serta bentuknya yang ibarat I, L, atau U, juga ditandai dengan asosiasinya terhadap lapangan olah raga. Pada umumnya gedung sekolah ditandai dengan adanya lapangan olah raga di dekatnya.
Karena adanya keterkaitan ini maka terlihatnya suatu obyek pada gambaran sering merupakan petunjuk adanya obyek lain.
Contoh
Disamping ditandai dengan bentuknya yang berupa empat persegi panjang serta dengan ukuran sekitar 100 x 80 m, lapangan sepakbola ditandai dengan adanya gawang yang situsnya pada penggalan tengah garis belakangnya. Lapangan sepak bola berasosiasi dengan gawang. Kalau tidak ada gawangnya, lapangan itu bukan lapangan sepak bola. Gawang tampak pada foto udara berskala 1:5.000 atau lebih besar.
Stasiun kereta api berasosiasi dengan jalan kereta api yang jumlahnya lebih dari satu (bercabang)
Gedung sekolah disamping ditandai oleh ukuran bangunan yang relatif besar serta bentuknya yang ibarat I, L, atau U, juga ditandai dengan asosiasinya terhadap lapangan olah raga. Pada umumnya gedung sekolah ditandai dengan adanya lapangan olah raga di dekatnya.
Sumber gambar
Di dalam mengenali sebuah obyek pada pada foto udara atau pada gambaran lainnya, dianjurkan untuk tidak hanya memakai satu unsur interpretasi citra.
Sebaiknya dipakai unsur interpretasi gambaran sebanyak mungkin. Semakin ditambah jumlah unsur interpretasi gambaran yang digunakan, semakin menciut lingkupnya ke arah titik simpul tertentu.
Inilah yang dimaksud dengan konvergensi bukti, atau bukti-bukti yang mengarah ke satu titik simpul.
Sebagai contoh, contohnya pada foto udara terlihat tetumbuhan yang tajuknya berbentuk bintang.
Pohon tersebut terang berupa pohon palma, akan tetapi kemungkinannya masih cukup luas.
Mungkin palma tersebut berupa pohon kelapa, kelapa sawit, nipah, enau, dan sagu.
Di dalam pola ini terdapat lima kemungkinan menurut satu unsur interpretasi citra, yaitu menurut bentuk tajuk saja.
Bila ditambah satu unsur interpretasi gambaran lagi contohnya pola, kemungkinannya akan menjadi lebih menciut.
Misalnya saja tetumbuhan tersebut polanya tidak teratur, maka kemungkinan yang lima itu menciut menjadi tiga yaitu nipah, enau, atau sagu.
Pohon kelapa dan kelapa sawit pada umumnya ditanam orang dengan pola tanam yang teratur.
Kemungkinan yang tinggal tiga itu akan menciut bila ditambah dengan satu unsur interpretasi lagi, contohnya ukuran.
Bila ukuran tetumbuhan tersebut 10 meter atau lebih, maka kemungkinannya tinggal dua, yaitu enau atau sagu.
Nipah merupakan pohon palma yang tak berbatang yang tinggi tajuknya hanya sekitar 3 meter atau kurang.
Bila ditambah satu unsur interpretasi gambaran lagi yaitu situsnya di tanah becek dan lembap payau, maka kemungkinan tersebut benar-benar menciut menjadi satu titik simpul, yaitu bahwa yang tergambar pada foto tersebut tidak lain kecuali sagu.
Enau merupakan tumbuhan darat yang tidak terdapat pada air payau.
Sebaiknya dipakai unsur interpretasi gambaran sebanyak mungkin. Semakin ditambah jumlah unsur interpretasi gambaran yang digunakan, semakin menciut lingkupnya ke arah titik simpul tertentu.
Inilah yang dimaksud dengan konvergensi bukti, atau bukti-bukti yang mengarah ke satu titik simpul.
Sebagai contoh, contohnya pada foto udara terlihat tetumbuhan yang tajuknya berbentuk bintang.
Pohon tersebut terang berupa pohon palma, akan tetapi kemungkinannya masih cukup luas.
Mungkin palma tersebut berupa pohon kelapa, kelapa sawit, nipah, enau, dan sagu.
Di dalam pola ini terdapat lima kemungkinan menurut satu unsur interpretasi citra, yaitu menurut bentuk tajuk saja.
Bila ditambah satu unsur interpretasi gambaran lagi contohnya pola, kemungkinannya akan menjadi lebih menciut.
Misalnya saja tetumbuhan tersebut polanya tidak teratur, maka kemungkinan yang lima itu menciut menjadi tiga yaitu nipah, enau, atau sagu.
Pohon kelapa dan kelapa sawit pada umumnya ditanam orang dengan pola tanam yang teratur.
Kemungkinan yang tinggal tiga itu akan menciut bila ditambah dengan satu unsur interpretasi lagi, contohnya ukuran.
Bila ukuran tetumbuhan tersebut 10 meter atau lebih, maka kemungkinannya tinggal dua, yaitu enau atau sagu.
Nipah merupakan pohon palma yang tak berbatang yang tinggi tajuknya hanya sekitar 3 meter atau kurang.
Bila ditambah satu unsur interpretasi gambaran lagi yaitu situsnya di tanah becek dan lembap payau, maka kemungkinan tersebut benar-benar menciut menjadi satu titik simpul, yaitu bahwa yang tergambar pada foto tersebut tidak lain kecuali sagu.
Enau merupakan tumbuhan darat yang tidak terdapat pada air payau.
PRAKTEK
0 Komentar untuk "Unsur-Unsur Interpretasi Citra"