Materi Teknologi Layanan Jaringan Kelas Xi Dan Xii Tkj Kurikulum Merdeka

MATERI KOMUNIKASI DATA KELAS XI

Berikut ini Materi Teknologi Layanan Jaringan TKJ Kurikulum Merdeka revisi Terbaru yang diajarkan di Kelas XI dan XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK.

Kelas XI TKJ Semester 1

1. Keragaman Komunikasi: (30)

2. Standar Komunikasi: (30)
OSI (Open System Interconnection)

3. Proses Komunikasi: (30)

4. Teknologi Komunikasi Data dan Suara: (30)

Kelas XI TKJ Semester 2

5. Analisis Kebutuhan Telekomunikasi : (30)

6. Analisis Kebutuhan Bandwidth : (30)

7. Server VoIP Softswitch :(30)

8. Bagan dan Konsep Kerja PBX pada server Softswitch :(30)

Kelas XII TKJ Semester 1

1. Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada server Softswitch :(30)

2. Prosedur Instalasi Server Softswitch berbasis SIP : (30)

3. Konfigurasi Ekstensi dan dial-plan Server Softswitch :(30)
• Konfigurasi ekstensi server softswitch
• Konfigurasi dial-plan server softswitch

4. Fungsi Firewall pada jaringan VoIP :(30)
• Fungsi firewall pada jaringan komputer
• Fungsi firewall pada jaringan VoIP

Kelas XII TKJ Semester 2

5. Prinsip kerja subscriber internet telepon :(30)
• Pengertian subscriber
• Prinsip kerja subscriber pada internet telepon

6. Konfigurasi pada subscriber internet telepon :(30)
• Instalasi subscriber secara lazim internet telepon
• Konfigurasi subscriber pada internet telepon

7. Mengevaluasi kerja tata cara komunikasi VoIP :(30)
• Prosedur penelitian kerja tata cara telekomunikasi
• ProseduR penelitian kerja telekomunikasi memakai VoIP

8. Perawatan tata cara komunikasi VoIP :(30)
 Jenis-jenis perawatan tata cara komunikasi VoIP
 Alat kerja perawatan tata cara komunikasi VoIP
 Langkah-langkah perawatan tata cara komunikasi VoIP
 Prosedur pengerjaan laporan perawatan tata cara komunikasi VoIP

9. Penyelesaian permasalahan tata cara komunikasi VoIP :(30)
• Prosedur dan teknik investigasi permasalahan pada tata cara komunikasi VoIP
• Teknik perbaikan permasalahan pada tata cara komunikasi VoIP
• Prosedur pengecekan hasil perbaikan
• Prosedur pengerjaan laporan hasil perbaikan pada tata cara komunikasi VoIP







Berikut ini materi untuk Standar Komunikasi yang kami ambil dari banyak sekali sumber di internet, kami mohon masukannya apabila ada yang kurang atau tidak cocok untuk perbaikan dan penyempurnaan materi ini.

Kompetensi Dasar 

  1. Menganalisis banyak sekali tolok ukur komunikasi data
  2. Menyajikan banyak sekali tolok ukur komunikasi data
Latar Belakang
  • Jaringan telekomunikasi dirancang untuk melayani bervariasi pengguna yang memakai banyak sekali macam perangkat yang berasal dari vendor yang berbeda
  • Untuk mempersiapkan dan membangun suatu jaringan secara efektif, diperlukan suatu standard yang menjamin interoperability, compatibility, dan kinerja yang dipersyaratkan secara ekonomis
  • Suatu standard yang terbuka (open standard) diperlukan untuk memungkinkan interkoneksi sistem, perangkat maupun jaringan yang berasal dari vendor maupun operator yang berbeda
Yang menentukan standard resmi suatu negara tertentu sanggup anda lihat berikut ini:
  • Indonesia : Menkominfo
  • Inggris : British Standard Institute (BSI)
  • Jerman : Deutsche Industrie-Normen (DIN)
  • Amerika : American National Standard Institute (ANSI)
  • BRT : Badan Regulasi Telekomunikasi >> BadanStandar Indonesia
Standar = Protokol ?

Protokol yakni suatu hukum atau tolok ukur yang menertibkan atau membolehkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol sanggup dipraktekkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol perlu diutamakan pada penggunaan tolok ukur teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan perlengkapan perangkat keras. Protokol secara lazim dipakai pada komunikasi real-time dimana tolok ukur dipakai untuk menertibkan struktur dari keterangan untuk penyimpanan jangka panjang.

Sangat sukar untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak kombinasi di dalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  1. Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
  2. Melakukan metode "jabat-tangan" (handshaking).
  3. Negosiasi banyak sekali macam karakteristik hubungan.
  4. Bagaimana memulai dan mengakhiri suatu pesan.
  5. Bagaimana format pesan yang digunakan.
  6. Yang mesti ditangani di saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
  7. Mendeteksi rugi-rugi pada kekerabatan jaringan dan tindakan yang ditangani selanjutnya
  8. Mengakhiri suatu koneksi.


Organisasi Standar Teknologi Komunikasi dan Data Internasional

Berikut ini banyak sekali Badan atau Organisasi yang menanggulangi standarisasi Teknologi Komunikasi Data International.

Badan Standard Eropa
  • ETSI: European Telecommunications Standards Institute > Suatu tubuh independent yang menentukan standard untuk komunitas Eropa, Contoh : standard GSM
  • CEN/CENELEC: European Committee for Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization > Badan standardisasi teknologi informasi
  • CEPT: Conférence Européenne des Administrations des Postes et des Telecommunications > Sebelum ada ETSI, melaksanakan pekerjaan yang ditangani ETSI
Badan Standard Amerika
  • IEEE : Institute of Electrical and Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh standard : LAN
  • EIA: Electronic Industries Association > Organisasi pabrik perangkat elektro Amerika, Contoh standar: RS232
  • FCC: Federal Communications Commission > Badan regulasi pemerintah Amerika
  • TIA: Telecommunications Industry Association > Bertugas mengadaptasi standard dunia ke dalam lingkungan Amerika
Organisasi Global

1. ITU : International Telecommunication Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi

Dibagi ke dalam dua tubuh standard:
> ITU-T (huruf T berasal dari kata telekomunikasi)
Berasal dari CCITT (Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique, atau International Telegraph and Telephone Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi untuk jaringan telekomunikasi publik
> ITU-R (huruf R berasal dari kata radio)
Berasal dari CCIR (Comité Consultatif International des Radiocommunications atau International Radio Consultative Committee)
Mempublikasikan rekomendasi yang bermitra dengan aspek-aspek radio seumpama penggunaan frekunsi di seleuruh dunia

2. ISO/IEC : The International Standards Organization/International Electrotechnical Commission
Organisasi standard bidang teknologi informasi
> ISO berperan dalam standard dan protokol komunikasi data
> IEC berperan di dalam standard yang mencakup faktor electromechanical (seperti konektor), lingkungan dan keselamatan

3. IETF: Internet Engineering Task Force > Bertanggung jawab terhadap arsitektur Internet dan Mengatu standardisasi protokol TCP/IP untuk Internet

Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk berkomunikasi lewat jaringan telekomunikasi:

1. Transmisi

  • Transmisi yakni proses menenteng keterangan antar end points di dalam tata cara atau jaringan
  • Sistem transmisi yang kini memakai empat buah medium transmisi berikut : Kabel tembaga, Kabel serat optik, atau Gelombang radio
  • Cahaya pada ruang bebas (misalnya infra merah)
  • Dalam suatu jaringan telekomunikasi, tata cara transmisi dipakai untuk saling menghubungkan sentral (router)
  • Keseluruhan tata cara transmisi ini disebut jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network)

2. Switching

  • Suatu teknologi yang dipakai pada switch untuk menghubungkan (men-switch) panggilan (pada jaringan telepon) atau
  • Mengarahkan/memforward paket dari suatu link ke link yang lain

3. Signaling

  • Signaling yakni mekanisme yang memungkinkan entitas yang berada di dalam jaringan (misalnya perangkat di pelanggan, switch dsb.)
  • Untuk membentuk, mempertahankan, dan menentukan suatu sesi di dalam jaringan
  • Proses signaling dilaksanakan memakai suatu sinyal atau pesan tertentu
  • Contoh: di saat kita mengangkat handset telepon untuk melaksanakan panggilan akan terdengar nada panggil (dial tone)
  • Dial tone mengindikasikan bahwa sentral telepon siap memperoleh keterangan nomor yang dituju


Komunikasi data adalah pengirim dan peserta data dari 2 device atau lebih device yang terhubung dalam satu jaringan.
Transmiter adalah data yang dibangkitkan dari system
Transmission System adalah berupa jalur transmisi tunggal
Receiver adalah memperoleh sinyal dari system transmisi
Destination adalah menangkap data yang dihasilkan receiver
Fungsi komdat yaitu  :
1.       Memberikan keterangan terhadap orang yang cocok dengan tepat waktu
2.       Memberikan keterangan data tertentu (Up To Date)
3.       Memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berlainan sanggup saling berkomunikasi
Perangkat Komunikasi yaitu  :
1.       DCE (Data Communication Equipment) untuk menyalurkan keterangan antar lokasi
2.       DTE (Data Terminal Equipment) menertibkan masuk-keluarnya keterangan (pemakai-komputer)
3.       DCCU (Data Communication Control Unit) pengatur kekerabatan peralatan
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi.
Bandwidth pada hosting adalah bandwidth yang diputuskan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload.
Bandwidth dalam jaringan adalah transfer rate atau jumlah data yang sanggup dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam rentang waktu tertentu (pada biasanya dalam detik).
Rumusan  :  Bandwidth = ∑ bits/secon   (1 byte = 8 bit)
Troughput adalah menggambarkan bandwidth yang bahwasanya (actual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang dipakai untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Protocol adalah himpunan kaidah yang menertibkan proses komunikasi data.
Model OSI layer menertibkan layanan komunikasi dibagi 7 kelompok yakni :
a.       Physical Layer    : Menjelaskan spesifikasi listrik, mekanis dan fungsional guna menanggulangi data jaringan.
b.      Data Link Layer  : Menjelaskan proses untuk mendeteksi dan memperbaiki eror data tingkat rendah selama transfer data antar lapis fisik dan lapis diatas lapis fisik.
c.       Network Layer  : Menjelaskan proses routing (pengedaran) data diantara alamat jaringan dan menyidik apakah pesan suadah dikirim dengan lengkap dan akurat.
d.      Transport Layer : Mencangkup fungsi penetapan kekerabatan yang sesuai, memulai transmisi data dan membebaskan kekerabatan sehabis transmisi selesai.
e.      Session Layer     : Mencangkup proses untuk mengontrol transfer data, menanggulangi eror transmisi dan pengakuan, serta mengurus record transmisi yang dikirim.
f.        Presentation Layer          : Mengontrol kaidah untuk memformat transmisi data.
g.       Applications Layer           : Menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan.
TCP/IP (Transmisison Control Protokol/Internet Protokol) adalah protocol yang menerapkan rancangan conection oriented yang bermakna bahwa 2 buah computer yang hendak melaksanakan pertukaran data mesti terhubung secara pribadi dalam suatu jaringan.
Letak OSI adalah Implementasinya di serahkan terhadap developer yang di kerjakan protocol-protokol sesuai OSI.
Komunikasi Suara yakni :
a)      Komunikasi Radio Siaran
b)      Komunikasi Radio Amatir
c)       Panggil
d)      Telephone
Bentuk Ragam Komunikasi yakni :
a)      Komunikasi Suara (Audio)
b)      Komunikasi Gambar (Video – Audio Video)
c)       Komunikasi Data
Komunikasi Data yakni :
a)      Publik
b)      Private
FileZilla adalah ialah software yang dipakai selaku alat untuk mengugah suatu file dari computer local kita ke suatu hosting/server yang nantinya file tersebut sanggup diakses oleh orang lain seluruh dunia.
CuteFTP adalah suatu File Transfer Protokol (FTP) client yang dipakai untuk mentransfer file amtara computer dan server



JENIS KOMUNIKASI dan TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi data yakni proses pengantaran dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung dalam satu jaringan.
Jenis komunikasi ada 4, yakni :
1.      Audio
2.      Video
3.      Komunikasi radio
4.      Data
Bentuk komunikasi data  ada 3, yakni :
1.      Suara (Audio)
2.      Video ( Video, Audio – Video)
3.      Data
Komunikasi ada 2, yakni :
1.      Komunikasi public
2.      Komunikasi private

Bentuk komunikasi dibagi menjadi 3 :
1.       komunikasi radio siaran atau amatir  bersifat lazim , radio amatir bersifat cuma 2 arah. pola : HT


2.      radio panggil berjarak lebih pendek. Contoh : pager


3.      telepon  bersifat bias memperoleh atau mengatakan secara bareng – sama. Contoh : telepon seluler


3 ragam komunikasi dan gambarkan ragam komunikasi :
a. komunikasi audio, b. Komunikasi video dan c. Komunikasi data 


Source yakni wilayah dimana data yang mau dikirim bias berupa gambar atau text. Data tersebut berupa sinyal digital dan dirubah menjadi bentuk analog oleh transmitter. Oleh transmitter diterima oleh system transmisi atau ISP dalam bentuk sinyal analog. Setelah dari situ diterima oleh reciver dan di terjemahkan ke dalam bentuk sinyal digital menuju ke tujuan dan dirubah kebentuk semula berupa gambar atau text.
Fungsi elemen yang ada pada digram komunikasi data sederhana :
1.      Source berfungsi selaku sumber
2.      Transmitter berfungsi memindahkandan memperoleh keterangan dari data digital ke data analog
3.      System transmisi berfungsi menghubungkan antara source dengan destination
4.      Reciver berfungsi memperoleh sinyal dari system transmisi dan menghubungkan ke tujuan
5.      Destination berfungsi tujuan data yang dikirim
Perangkat komunikasi :
1.      DCE ( data communication equipment)
Untuk menyalurkan keterangan antar lokasi.
2.      DTE ( data terminal equipment )
Mengatur masuk dan keluarnya keterangan (pemakai computer)
3.      DCCU ( data communication control unit) = In/Out put control dan pengendali terminal yakni lokasi dalam jaringan wilayah keterangan keluar masuk.
Tugas DCCU :
·         Membentuk antar paras / interface antara system I/O bus dalam modem
·         Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan konvernsi level modem
·         Mengubah data yang hendak diantarkan menjadi serial dan sebaliknya
·         Mengatur eror recovery dengan mekanisme retry
·         Melakukan konverensi sendii
·         Melakukan singkronisasi karakter baik dengan cara start/stop maupun dengan karakter SYN (singkronisasi)
·         Melakukan bit singkronisasi untuk controller asinkron
·         Melakukan pengajuan kesalahan ( parity, longitudinal / BCC )
·         Mengendalikan mekanisme dengan  melacak karakter transmition control.

Perangkat jaringan computer dan telepon :
1.      PC
2.      NIC
3.      Kabel ( kobel coaxial, tembaga dan serat optic)
4.      Server
5.      HUB dan switch
6.      Repeater
7.      Bridge
8.      Router
9.      Modem
10.  AP
Teknoligi komunikasi data dan bunyi :
1.      Contoh teknologi komunikasi data:
Pengiriman  file dari komputer ke komputer lain
Dari server ke client
browsing
2.      Contoh teknologi komunikasi suara:
telepon
HT
Pager

Bandwidth &  Thoughtput
Bandwidth yakni luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam bahasa gampangnya yakni suatu dosis kemudian lintas data yang masuk dan yang keluar .
Bandwidth pada Hosting
Bandwidth yang diputuskan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melaksanakan kesibukan upload, ditambah makin banyaknya hadirin yang mengakses, maka kian menyusut jatah Bandwidth yang  diberikan.
Bandwidth dlm Jaringan Komputer
Transfer rate/jumlah data yang sanggup dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam rentang waktu tertentu (pada biasanya dalam detik). Bedakan bandwidth “Up To” yang bermakna Bandwidth pada kecepatan Maksimal suatu jaringan yang diberikan.
Cara menjumlah banswidth :


Throughput
Menggambarkan bandwidth yang  sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang dipakai untuk nendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Karakteristik Throughput
a.       Tidak menjumlah bit per second secara murni,  alasannya dipengaruhi alamat komputer pengirim dan tujuan.
b.       512kb yang perkirakan sanggup dikirim 1 detik dengan ukuran bandwidth, tetapi kenyataannya Throughput sanggup 4 detik, jadi 512kb/4 detik = 129 kbps (detik=second).

Standar Komunikasi
Organisasi
Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harafiah bermakna paduan dari bagian-bagian yang satu sama yang lain saling bergantung.  Di antara para jago ada yang menyebut paduan itu sistem, ada juga yang  menamakannya sarana.
Protokol/Protocol
Protokol yakni himpunan kaidah yg menertibkan proses komunikasi data. Kaidah ini mesti menertibkan setiap faktor komunikasi jaringan,  hingga yg paling rinci. Misalnya protokol hrs  mengatur bagaiman akomunikas idata bermula, berlanjut& diakhiri.
Protokol sudah ditetapkan utk banyak sekali jenis perangkat keras,  Perangkat lunak, & data yg berbeda-beda. Apabila semua protokol yg Berbeda ini dpt melakukan pekerjaan sama membentuk komunikasi data,  maka himpunan protokol ini disebut dg perangkat protokol (protocol  suite).
OSI/RM
Layer – layer pada OSI :
7: Layer Application
Layer  7  adalah  layer  Applikasi  mendifinisikan  interface  antara  softwaresoftware  atau  applikasi  yang  berkomunikasi keluar  dari  komputer  dimana
aplikasi  tersebut  berada.  Layer  ini  menerangkan aturan-aturan  untuk  yang
berikut:
1.  Penyediaan layanan jaringan
2.  Penawaran – pengiklanan layanan jaringan
3.  Pengaksesan layanan jaringan
Contoh berikut yakni protocol-protocol yang mengimplementasikan aturan
layer Application.
1.  Netware’s services advertising protocol (SAP)
2.  TCP/IP Network File System (NFS)
3.  TCP/IP Simple Mail Transfer Protocol (SMTP); Telnet; HTTP; FTP;
WWW browser
4.  Termasuk  dalam  contoh  ini  adalah  file;  print;  applikasi  database;
message.
6: Layer Presentasi
Layer  6  adalah  layer  presentation  dimana  tujuan  utamanya  adalah
mendefinisikan format data seumpama text ASCII, text EBCDIC, binary, BCD
dan  juga  jpeg.  Enkripsi  juga  didefinisikan  dalam  layer  6  ini.  Layer
Presentation menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1.  Penterjemahan Data
2.  Enkripsi dan kompresi data
Protocol-2 berikut yakni pola yang mengimplementasikan hukum layer
Presentation
1.  Netware Core Protocol (NCP)
2.  AppleTalk Filing Protocol (AFP)
Jaringan Dasar
3.  JPEG; ASCII; EBCDIC; TIFF; GIF; PICT; encryption; MPEG; MIDI
Misal  mainframe  mempunyai  format  EBCDIC;  sementara  WIndows
mempunyai  format  data  ASCII.  Tugas  layer  Presentation  adalah
menterjemahkan format yang berlainan ini sehingga sanggup saling nyambung.
5: Layer Session
Session  layer  ini  mendefinisikan  bagaimana  memulai,  mengontrol,  dan
mengakhiri  suatu  percakapan  (disebut  session).Hal  ini  termasuk  dalam
kendali dan administrasi dari banyak sekali pesan bidirectional sehingga aplikasi
bisa menyertakan suatu sinyal pemberitahuan atau notifikasi jikalau beberapa
pesan  telah  lengkap.  Layer  ke  lima  Session  menspesifikasikan  aturan-2
berikut:
1.  Pengendalian sesi komunikasi antara dua piranti
2.  Membuat; mengelola; dan melepas koneksi
Yang  berikut  adalah  protocol  yang  menimplementasikan  layer  session
model OSI:
1.  Netware’s Servise Advertising Protocol (SAP)
2.  TCP/IP remote procedure call (RPC)
3.  SQL; NFS; NetBIOS names; AppleTalk ASP; DECnet SCP
Contoh  sederhana  analoginya  adalah  operator  telpon.Jika  anda  mau
menelpon suatu nomor sementara anda tidak tahu nomornya, maka anda
bisa nanya ke operator.Layer session ini analoginya  yach kayak operator
telpon getu.
4: layer Transport
Layer  4  (Transport  layer)  lebih  fokus  pada  masalah  yang  berhubungan
dengan pengantaran data terhadap komputer lain seumpama proses memperaiki
suatu  kesalahan  atau  error  recovery,  segmentasi  dari  blok  data  dari
aplikasi yang besar kedalam potongan kecil-2 untuk di kirim, dan pada sisi
komputer peserta potongan-2 tersebut disusun kembali.
Layer OSI ke 4 ini menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1.  Menyembunyikan struktur jaringan dari layer diatasnya
2.  Pemberitahuan kalau data pesan sudah diterima
3.  Menjamin kehandalan, pengantaran pesan bebas kesalahan
Jaringan Dasar
Contoh-2 berikut yakni protocol-2 yg mengimplementasikan hukum layer
transport
1.  Netware’s Sequence Packet Exchange (SPX) protocol
2.  TCP/IP’s Transmision Control Protocol (TCP)
3.  TCP/IP’s Domain Name System (DNS)
Analogi  dari  layer  transport  ini  kayak  penyedia  jasa  pengiriman  paket,
missal  Tiki,  POS  atau  Fedex.  Tiki  atau  Fedex  bertanggung  jawab  penuh
untuk  sampainya  paket  ke  alamat  tujuan  dan  paket  dalam  keadaan  utuh
tanpa cacat. Seperti juga ISP, kalau kita ketikkan WWW.dotkom.com maka
ISP akan menterjemahkan kedalam address tujuan.
3: Layer Network
Layer  Network dari  model  OSI  ini  mendefinisikan  pengiriman  paket  dari
ujung-ke-ujung.  Untuk  melengkapi  pekerjaan  ini,  Network  layer
mendefinisikan logical address sehingga setiap titik ujung perangkat yang
berkomunikasi sanggup diidentifikasi. Layer ini juga mendefinisikan bagaimana
routing melakukan pekerjaan dan bagaimana jalur dipelajari sehingga semua paket bisa
dikirim.
Layer Network menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1.  Data routing antar banyak jaringan
2.  Frakmentasi dan membentuk ulang data
3.  Identifikasi segmen kabel jaringan
Protocol-2 berikut menerapkan hukum layer Network
1.  Netware’s Internetwork Packet Exchange (IPX) Protocol
2.  TCP/IP’s Internet Protocol (IP); AppleTalk DDP
Analogi dari layer ini tugasnya mengirim surat atau paket ke kota atau kode
pos  tertentu,  tidak  langsung  di  kirim  ke  alamat  tujuan.  Layer  ini  sangat
penting  dalam  jaringan  yang  kompleks,  dimana  layer  Network  mengirim
data paket ke jaringan logical.Router berfungsi pada layer ini.
2: Data link layer
Layer Data link menspesifikasikan hukum berikut:
1.  Koordinasi bits kedalam kelompok-2 logical dari suatu informasi
2.  Mendeteksi dan sering kali juga memperbaiki kesalahan
3.  Mengendalikan anutan data
Jaringan Dasar
4.  Identifikasi perabotan jaringan
Protocol-2 berikut mengimplementasikan Data link layer:
1.  Ntware’s Link Support layer (LSL)
2.  Asynchronouse Transfer Mode (ATM)
3.  IEEE 802.3/802.2, HDLC, Frame Relay, PPP, FDDI, IEEE
802.5/802.2
Analogi data link ini seumpama surat tercatat yang dikirm pada alamat rumah
dan dijamin hingga dengan adanya resi yang ditandatangani penerima.
Layer ini mengidentifikasi address yang sesungguhnya dari suatu piranti.
1: Layer Physical
Layer  Physical  dari  model  OSI  ini  berhubungan  dengan  karakteristik  dari
media  transmisi.Contoh-2  spesifikasi  dari  konektor,  pin,  pemakaian  pin,
arus listrik, encoding dan modulasi cahaya. Biasanya dalam menyelesaikan
semua rincian dari layer Physical ini melibatkan banyak spesifikasi. Layer ini
menspesifikasikan aturan-2 berikut:
1.  Struktur fisik suatu jaringan missal bentuk konektor dan hukum pin
pada  konektor  kabel  RJ-45.  Ethernet  dan  standard  802.3
mendefinisikan  pemakaian  dari  kabel  pin  ke  1,2,3  dan  6  yang
dipakai  dalam  kabel  Cat  5  dengan  konektor  Rj-45  untuk  koneksi
Ethernet.
2.  Aturan mekanis dan elektris dalam pemakaian medium transmisi
3.  Protocol Ethernet seumpama IBM Token ring; AppleTalk
4.  Fiber  Distributed  Data  Interface  (FDDI)  EIA  /  TIA-232;  V.35,
EIA/TIA-449, RJ-45, Ethernet, 802.3, 802.5, B8ZS
5.   Sinkronisasi sinyal-2 elektrik lewat jaringan
6.   Encoding data secara electronic
Keuntungan dan kerugian versi OSI
Anda  mesti  faham  betul  dengan  model  OSI  ini  karena  ini  sangat  luas
digunakan  jika  bicara  soal  komunikasi  jaringan.Akan  tetapi  perlu  diingat
bahwa  ini  hanyalah  sebuah  model  teori  yang  mendefinisikan  standards
bagi  programmer  dan system  direktur jaringan, jadi  bukanlah  model
layer fisik yang sesungguhnya.
Menggunakan  model  OSI  dalam  diskusi  konseps  jaringan  mempunyai
beberapa keuntungan:
1.  Memberikan  bahasa  dan  referensi  yang  sama  antar  sesame
professional jaringan
2.  Membagi tugas-2 jaringan ke dalam layer-2 logis demi kemudahan
dalam pemahaman
3.  Memberikan kelonggaran fitur-2 khusus pada level-2 yang berbeda
4.  Memudahkan dalam troubleshooting
5.  Mendorong standard interoperability antar jaringan dan piranti
6.  Memberikan  modularity  dalam  fitur-2  jaringan  (developer  dapat
mengubah  fitur-2  tanpa  mengubah  dengan  cara  pendekatan
keseluruhan), jadi sanggup main comot antar modul getu lho
Akan tetapi anda perlu mengenali beberapa batasan:
1.  Layer-2  OSI  adalah  teoritis  dan  tidak  melakukan  fungsi-2  yang
sesungguhnya
2.  Dalam  implementasi  industry  jarang  sekali  mempunyai  hubungan
layer-ke-layer
Jaringan Dasar
3.  Protocol-2  yang  berbeda  dalam  stack  melaksanakan  fungsi-2  yang
berbeda  yang  membantu  menerima  dan  mengirim  data  pesan
secara keseluruhan
4.  Implementasi suatu protocol tertentu sanggup tidak mewakili setiap layer
OSI (atau sanggup tersebar di beberapa layer)

TCP/IP (Transmission control protocol/internet protocol)
            TCP menerina data dengan panjang & membaginya kedalam bagian-bagian berskala 64k. IP mengambil bagian-bagian, menyidik ketetapan tiap bagian, mengalamatkan ketujuan & menegaskan bahwa bagian-bagian tersebut sudah terkirim dengan urutan yang benar. Pada di saat menyodorkan pesan untuk IP, TCP sanggup menanggulangi berbagsi jenis pesan yang berlainan dengan cara yang berbeda-beda.
1.      Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Memproses pesan text yang cuma berisi rangkaian karakter ASCII sera alamat sasaran.
2.      File Transfer Protocol (FTP)
Adalah himpunan kaidah pemroses data yang lebih banyak yang dipakai untuk memproses data yang lebih kompleks. Data yang memerlukan karakter non ASCII, atau berisi karakter biner yang sanggup dibaca oleh mesin.
3.      Telnet
Adalah himpunan kaidah yang memungkinkan user(local terminal) mengakses computer lain pada jaringan(remot terminal)
TCP/IP dipakai oleh hamper semua system berbasis UNIX, Banyan VINES, Microsoft LAN Manager, Novell Netware dan Microsoft Windows.
Net Bios
            Singkatan dari Network Basic Input/Output System. IBM Corporation membuatkan dalam upaya menawarkan fasilitas standard dalam memakai system operasi yang mendasari computer guna mengakses layanan jaringan.
            Net Bios yakni standard lazim untuk jaringan peer-to-peer, misalnya LANtastic, & Invisible NET/30. Umaumnya tidak dipakai system jaringan yang sungguh besar atau sungguh kompleks.
XNS(Xerox Network System)
            Corporation membuatkan untuk Local Area Network yang lebih kecil selaku perangkat protocol yang ditawarkan oleh protocol lain yang biasanya tidak diperlukan pada system local kecil.
            Protocol dasar dalam XNS yakni Internrt Datagram Protocol(IDP), yang menanggulangi investigasi data& tanggung jawab pengalamatan serupa dengan yang ditemui dalam TCP/IP.
Apple Talk
            Adalah perangkat protocol untuk Macinthos. Perangkat ini cukup rumit, dan melibatkan banyak protocol terpadu yang mengurus banyak sekali faktor rinci system komunikasi data Mac.
Ether Talk & Token Talk
            Ether Talk yakni Appel talk diatas landasan Ethernet pada lapis fisik&data lik. Token Talk yakni Appel Talk da atas landasan Token Ring pada lapis fisik&data link. Varian ini memerlukan adapter crad khusus yang sanggup ditemui pada mesin Macinthos yang lebih berdaya guna ( Mac Quadra).
Protocol Netware
            Protokal ini dipakai terhadab standard seumpama diatas keciali Apple Talak, Netware sudah memperkenalkan beberapa protocol suplemen khusus untuk Netware.
Protocol Netware dipakai untuk jaringan Netware, untuk melengkapi protocol standard, &dirancang agar Netware sanggup berkompetisi melawan sistm yang lain yang mencegah implementasinya cuma pada protocol standard.
Internet Packet Exchane (IPX)
Mengenai investigasi data & tanggungjawab pengalamatan serupa dengan yang ditemui dalam TCP/IP. Menagani pesan antar jaringan.
NetWare Core Protocol (NCP)
Mengelola anutan data antara client dan server Netware untuk memperoleh tingkat efisiensi maksimum.
Sequenced Packet Exchange(SPX)
Menggunakan fungsi NOS Netware untuk menyidik kekuatan data.
Server Advertising Protocol(SAP)
Memantau proses logging (pencatatan) pada & diluar jaringan, sreta mengurus transfer pesan antar simpul pada antar jaringan keseluruhan.
Protokol Windows NT mendukung 4 protocol. TCP/IP sudah dibahas, dan 3 protokol lainya yakni :
1.      Microsoft NWlink
Versi dari protocol IPX/SPX Novell, yang ditambahkan demi tercapainya kompatibilitas antara Windows NT dengan NetWare.
2.      NetBUI
Perluasan dari NetBIOS. Protocol ini memakai NetBIOS selaku antarmuka ke jaringan,tetapi dengan menambahkan  fungsi yang memungkinkannya melakukan pekerjaan dengan bervariasi perangkat keras dan perangkat lunak.
3.      Data Link Control
Procol yang terbatas, yang dirancang untuk kekerabatan ke computer IBM Manframe untuk perabotan perangkat keras yang terhubung pribadi ke kabel jaringan & bukan ke workstation atau server.



Aplikasi Internet & Jaringan
1.      Resource Sharing
a.       Sharing File (Data, Program) : suatu data yang kita punya bias dibaca atau diakses oleh user lain yang telah
FILEZILLA & CUTEFT
1.      Pengertian Filezilla &cuteFTP
FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang mempunyai faedah untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Software FileZilla dibentuk dan dikembangkan oleh Tim Kosse. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melaksanakan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk memperlihatkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk memperlihatkan file dan folder di komputer server. Program FileZilla banyak diaplikasikan dan dipakai oleh kalangan pengguna jaringan komputer dan internet. FileZilla merupakan software gratis. FileZilla sanggup dijalankan di tata cara operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Linux dsn Mac OS.
CuteFTP ialah salah satu aplikasi file transfer (FTP) terkenal yang sanggup disandingkan dengan pesaingnya seumpama Filezilla. CuteFTP Home yakni suatu File Transfer Protocol (FTP) client yang dipakai untuk mentransfer file antara computer dan server FTP anda. CuteFTP Home sanggup dipakai untuk memindahkan file dari setiap ukuran dan tipe, mencakup web page, multi-media file, atau dokumen lain ke dan dari suatu file transfer pada FTP, standard untuk memindahkan file pada internet.
2.      Kegunaan Filezilla & cuteFTP
Kegunaan Filezilla :
a.       Mengupload ke web dan sebaliknya mengambil dari web
b.      Mengupload file, image ke server
c.       Mengubah patch game, acara / demo game
d.      Mengubah file berskala besar
Fitur utama dari Filezilla adalah:
a.       Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk menghasilkan daftar situs FTP beserta data koneksinya.
b.      Message log (Log pesan) Ditampilkan di belahan atas jendela. Fitur ini memperlihatkan output berjenis konsol (console-type) yang menyodorkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
c.       File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menawarkan suatu penampilan grafis antarmuka untuk FTP.
  1. Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang belahan bawah jendela, menyodorkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.
Kegunaannya cuteFTP meliputi:
a.       Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk sanggup dilihat pada suatu web browser.
b.      Mengupload file pekerjaan kedalam suatu server FTP
c.       Mengupload image anda kedalam suatu server FTP
d.      Mengupload atau mengunduh multimedia file seumpama file music,video, atau image
e.      Mengunduh patch game, program, atau demo game modern dari server FTP
f.        Mengunduh file berskala besar lebih singkat dibandingkan di saat memakai web browser anda
g.       Membackup critical file kedalam suatu FTP server jikalau system anda bermasalah.
3.      Cara memakai Filezilla & cuteFTP
Filezilla :
1.      Download FTP-Client Filezilla apalagi dahulu dan install
2.      Buka FTP client pada applikasi filezilla
3.      Isi kolom username dan password ftp domain hosting anda pada belahan atas bar
4.      Buka file folder yang hendak diupload
5.      Pastikan lokasi data/ file web localhost pada sebelah kiri filezilla
6.      Drag file web yang hendak diupload kemudian kilk kanan pilih upload
7.      Tunggu hingga file terungguh
Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla
1. Silahkan Anda unduh file-nya lewat situs resmi FileZilla di www.filezilla-project.org atau sanggup juga pribadi melalui link di sini.
2. Setelah proses unduh selesai, silahkan pribadi Anda install.
3. Kemudian, silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada belahan atas bar.
Keterangan :
AHost : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada “Detail Hosting Anda”
BUsername : Isi dengan username cPanel kalian
CPassword : Isi dengan password cPanel kalian.
DPort : Silakan belahan ini dikosongkan untuk memakai port secara default atau Anda isis dengan port 21
3. Sekarang, kita akan melaksanakan antisipasi Upload file web yang sudah kalian siapkan apalagi dahulu. Harus semua file web agar tidak ada kesalahan, maka dari itu tentukan lebih dahulu semua file sudah siap.
Sekarang, kita buka file folder yang hendak kita upload.
4. Sekarang, tentukan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.
5. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, kemudian klik kanan dan pilih “Upload” dan destinasi upload kalian tentukan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.
cuteFTP :
1.      Buka cuteftp, pilih hidangan file
2.      Masukkan / isi label, host address, usrename dam password
3.      Klik hidangan edit tentukan pilihan use passitive mode tlh dichack
4.      Klik ok -> connect
5.      Isi username dan password
“Jika proses tidak berhasil, kerjakan langkah tambahan
1.      Upload data ke folder publick_html
2.      Untuk merubah permission file / chmod, memindahkan file ke suatu folder
3.      Menghapus file, tinggal klik kanan pada file yang bersangkutan & pilih pilihan yang sesuai.”

VoIP(Voice over Internet Protocol)
VoIP yakni cara berkomunikasi bunyi (voice) lewat jaringan Internet, sehingga komunikasi jarak jauh SLJJ maupun SLI sanggup ditangani dengan ongkos lokal.
Keuntungan VoIP.

a.        Biaya lebih rendah untuk sambungan pribadi jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP yakni biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka ongkos percakapan menjadi sungguh rendah.
b.      
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jikalau perusahaan sudah memiliki jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada sanggup dibangun jaringan VoIP dengan mudah.  Tidak diperlukan suplemen ongkos bulanan untuk penambahan komunikasi suara.

c.        Penggunaan bandwidth yang lebih kecil ketimbang telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth  untuk voice kini ini menjadi sungguh kecil.  Teknik pemampatan data memungkinkan bunyi cuma memerlukan sekitar 8kbps bandwidth.
d.      Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon setempat yang  sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bias disambungkan dengan PABX yang ada dikantor .  Komunikasi antar kantor sanggup memakai pesawat telepon biasa.

e.       Variasi penggunaan perlengkapan yang ada, misal dari PC  sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan VoIP
a.       Kualitas bunyi tidak sejernih jaringan PSTN.
b.       Ada jeda dalam berkomunikasi.
c.       Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif bermanfaat mahal.
d.       Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP makin banyak,  maka ada potensi jaringan data  yang ada menjadi sarat jikalau tidak dikelola dengan baik. Pengaturan bandwidth yakni perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi bosan akhir pemakaian VoIP.
e.        Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menyebabkan kekacauan dalam tata cara penomoran.
Metode VoIP
1.      ATA (Analog Telephone Adaptor)
ATA yakni alat pengubah sinyal dari analog  menjadi digital. Cara kerjanya yakni merubah sinyal analog  dari telepon dan menggantinya menjadi data digital untuk di transmisikan lewat internet.
2.      IP Phones
IP Phones juga memiliki konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan pribadi dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melaksanakan pemanggilan IP.
3.      Computer-to-Computer
Cara Praktis dan Sederhana menghubungkan komputer dengan komputer . Yang mesti anda sediakan cuma acara (software), mikrofon,  speaker, soundcard  dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang  relatif cepat seumpama koneksi Kabel atau DSL. Selain ongkos bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi ongkos untuk panggilan Computer-to Computer, seberapa jauh pun  jaraknya.
Softswitch
·         Entitas (sesuatu yang digambarkan oleh data) berbasis software yang menawarkan fungsi kendali panggilan pada jaringan IP .
·         Dikenalkan oleh ISC (International  Softswitch Consortium)/  IPCC (International Packet Communications Consortium)/  MSC (Multiservice Swiching Forum).

PBX dan SIP Bedasarkan Softswtich
Pengertian PBX
PBX yakni suatu sentral privat dengan fitur seumpama sentral public yang di gunakan oleh suatu forum / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut.

Proses kerja PBX server softswitch
          Sebuah tata cara IP PBX berisikan satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server seumpama dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan di saat mereka ingin menghasilkan panggilan mereka meminta IP PBX untuk melaksanakan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian sanggup menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik lewat gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

PBX (Private Branch eXchange)

IP PBX dan PBX
            PBX yakni suatu sentral privat dengan fitur seumpama sentral public yang di gunakan oleh suatu forum / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
 Line cards merupakan terminasi /interface antar saluran extension dengan sentral PBX
Berfungsi melaksanakan borscht(battery Over loaded, Ringing, signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk cards sebagai interface/ terminasi antar saluran/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melaksanakan konverer sinyal saluran dengan sinyal  internal sentral PBX
Switch cards melakukan fungsi penyambungan  (switching) antar port extension (line cards) dengan
Port extension line cards lain dalam panggilan internal dan antar port extension line cards dengan port Trunk cards dalam panggilan external (incoming/ outgoing call)
Signaling  penerima/ pengantaran sinyal dengan extension (DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan senrtal public (DTMF/MCF decadi pulses)
Prosessor cards sebagai pusar control yang mengendalikan seluruh aktifitas sentral.
Sumber http://afm98.blogspot.com

Related : Materi Teknologi Layanan Jaringan Kelas Xi Dan Xii Tkj Kurikulum Merdeka

0 Komentar untuk "Materi Teknologi Layanan Jaringan Kelas Xi Dan Xii Tkj Kurikulum Merdeka"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)